KemenPUPR Wujudkan Hadiah 20 Unit Rusus Untuk Kota Magelang

Kota Magelang__Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merealisasikan pembangunan Rumah Khusus (Rusus) untuk Kota Magelang yang berada di kawasan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara.

Rusus sebanyak 20 unit tersebut merupakan hadiah karena Pemkot Magelang menjadi Pengelola Rumah Khusus Terbaik tahun 2023 oleh KemenPUPR dalam rangka Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2023.

Secara simbolis, Rusus Kedungsari diserahkan oleh PPK Rusun dan Rusus Satker Penyediaan Perumahan DIY KemenPUPR Rizki Narwidina kepada Kepala Dinas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang, Bowo Adrianto di kompleks Rusus Kedungsari, Rabu (3/1/2024).

Turut hadir pada acara tersebut, Hajar Kusuma perwakilan dari Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Jawatiga, KemenPUPR, beserta jajarannya.

Rizki Narwidina menjelaskan, Rusus Kedungsari dibangun mulai 23 Oktober 2023 dan selesai pada 19 Desember 2023. Memiliki luas bangunan kurang lebih 30,77 meter persegi dengan luas kavling sekitar 37,45 meter persegi.

“Rusus Kedungsari ini merupakan perwujudan dari reward (hadiah) karena Kota Magelang menjadi Pengelola Rusus Terbaik 2023 pada Hapernas kemarin,” katanya.

Adapun tipe rumah adalah tipe 28 sejumlah 20 unit dengan daya tampung sekitar 80 jiwa. Setiap unit terdiri atas 2 kamar, 1 kamar mandi, 1 dapur, teras depan, teras belakang dan septictank konvensional.

“Fasilitas sudah kami lengkapi yakni listrik PLN dengan daya 1.300 kva (token prabayar), jalur air bersih PDAM, saluran drainase tertutup sisi kiri dan kanan masing-masing lebarnya 50 cm,” terang Rizki.

Selain itu, Rusus Kedungsari juga dilengkapi fasilitas bangku taman, pagar keliling, vegetasi Tabebuya, hingga lampu PJU. Pihaknya berharap, setelah diserahkan ke Pemkot Magelang, rusus senilai sekitar Rp 5 miliar ini dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Disperkim Kota Magelang, Bowo Adrianto, hadiah ini adalah apresiasi kepada Pemkot Magelang yang dinilai berkinerja baik dalam Pengelolaan Rusus tahun 2023. Dia mengaku tidak menyangka hadiah KemenPUPR langsung direalisasikan tahun 2023 juga.

“Kami tidak menyangka pembangunan hadiah Rusus dibangun tahun 2023 juga. Bersyukur bisa terbangun bagus dan siap huni,” katanya.

Keberadaan Rusus Kedungsari membantu mewujudkan kebutuhan perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan membantu mengurangi angka backlog Kota Magelang yang mencapai hampir 4.000.

“Rusus ini untuk MBR Kota Magelang. Keberadaannya bisa mengurangi antrean panjang masyarakat yang ingin tinggal di rusus. Rusus jenis rumah tapak lebih banyak diminati dibanding rusun (rumah susun),” jelas Bowo.

Rusus Kedungsari menambah jumlah rusus yang dibangun Pemkot Magelang, yakni Rusus Sanggrahan (25 unit) dan Rusus Kedungsari yang terletak disamping rusus Kedungsari baru (25 unit).

Lebih lanjut, MBR bisa menghuni dengan sistem sewa Rp 150.000 per bulan selama 3 tahun dan maksimal perpanjangan 3 tahun. Syarat penghuni adalah warga Kota Magelang, dihuni keluarga maksimal 4 jiwa (anak-anak maksimal umur 21 tahun), pendapatan kurang dari UMR, dan berkelakuan baik. (Dwi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d