Razia 10 Hari, Polresta Magelang Berhasil Tertibkan Hampir 1000 Knalpot Brong

Mungkid__Polresta Magelang bersama jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang memusnahkan hampir 1000 knalpot brong, di halaman Mapolresta Magelang, Jumat (12/1/2024). Kanlpot brong ini didapat dari hasil Razia selama 10 hari (3 – 11/1 /2024), dan dari masyarakat serta anak-anak sekolah yang secara suka rela menyerahkan knalpot brong kepada petugas.

Pemusnahan kanlpot brong secara simbolis tersebut dipimpin langsung oleh Kapolresta Magelang Kombes Pol Musthofa, dihadiri oleh para kabag kasat, Kapolsek jajaran, dan Dandim 07/05 Magelang Letkol Inf Jarot Susanto S.H., M.Si. serta Forkompinda Kabupaten Magelang.

Kapolresta Magelang Kombes Pol Musthofa mengungkapkan, kanlpot brong ini merupakan hasil Razia gabungan sejak tanggal 3 Januari 2024 pasca gelar operasi lilin candi 2024. Penindakan dilaksanakan pada pagi jika menemukan mereka kita langsung melakukan penindakan penilangan.

“Ada juga beberapa masyarakat yang menyerahkan secara suka rela, contoh pada saat rekan-rekan lalu lintas mengadakan penyuluhan di sekolah, mereka sadar mengganti knalpot brong dengan yang standard dan mereka menyerahkanya kepada petugas,” ungkapnya.

Dia menyebutkan knalpot brong yang sudah didapat dan akan dimusnahkan ini jumlahnya cukup banyak. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang secara suka rela menyerahan knalpot brong kepada petugas.

“Hampir 1000 knalpot brong. Maka kita berterimakasih kepada masyarakat atau adik-adik sekolah yang sadar menyerahkan secara suka rela knalpot brongnya kepada kita, dan mengganti dengan yang standard,” ungkapnya.

Selain itu knalpot brong ini rata-rata dari masyarakat ataupun anak sekolah yang terkena Razia pada saat operasi baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

“Mereka dikenakan tindakan penilangan mereka harus membayar denda tilang sesuai pasal pelanggaranya, dan harus mengganti dengan knalpot yang standard,” tegasnya.

Menurut Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, penindakan knalpot brong sangat positif untuk menjaga kondusifitas wilayah. Pihaknya bersinergi dengan Polresta Magelang untuk melakukan penertiban knalpot brong.

”Upaya yang dilakukan ini diharapkan seluruh masyarakat bisa mendukung. Sehingga sama-sama bisa menjaga kondusifitas wilayah. Bersama-sama bersinergi menjaga ketertiban,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Magelang melalui Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto   mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Polresta Magelang bersama Kodim 0705/Magelang dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban. Dalam hal ini terkait penggunaan knalpot brong.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya sinergitas ini, untuk mengurangi polusi suara yang dapat mengakibatkan gangguan ketertipan di masyarakat,” ucapnya.(dwi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d