Tiga ASN Pemkot Magelang Dinobatkan Sebagai “Employee Of The Month 2023” karena Berprestasi

Kota Magelang__Tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Magelang dinobatkan sebagai Employee Of The Year (EOY) Tahun 2023. Mereka mendapat reward berupa uang tunai yang diberikan secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Magelang, Larsita, di Aula Adipura Kencana kantor Pemkot Magelang, Selasa (23/1/2024).

Plt Badan Kepegawaian dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Magelang, Anita Diah Lestari menjelaskan, EOY Tahun 2023 diberikan untuk meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kedisiplinan guna membentuk Aparatur Pemerintah Kota Magelang yang menjunjung tinggi etika, etos kerja, dan profesionalisme.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada ASN yang menunjukkan dedikasi dan prestasi kerja yang baik,” ujar Anita.

Tiga pegawai tersebut Juara I Adhika Kudiarsa S (Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB) mendapat hadiah Rp 1,5 Juta; Juara II Siska Yuni Hartanti (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) mendapat hadiah Rp 1 Juta dan Juara III Any Supriyanti (Badan Kepegawaian dan Pembangan Sumber Daya Manusia) mendapat hadiah Rp 500.000.

Pegawai yang menerima penghargaan telah melalui seleksi dari Tim Penilai Penghargaan ASN Berprestasi EOY Tahun 2023. Penilaian EOY berdasarkan beberapa kriteria dari nilai -nilai COre Value berakhlak seperti Berorientasi Pelayanan, Integritas, Kinerja,  Kolaborasi, kemampuan komunikasi, disiplin dan inovatif.

Adapun tiga pegawai tersebut memiliki inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, yakni Sistem Informasi Maju Sehat Bahagia (SI MASBAGIA) oleh Adhika Kudiarsa S, Aksi Tim Tanggap KIA (SI TITAK) oleh Siska Yuni Hartanti dan Model Manajemen Talenta Kota Magelang oleh Any Supriyanti.

“EOY ini untuk memacu inovasi dan meningkatkan pelayanan di masing-masing OPD terkait, jadi ini merupakan sulutan seorang ASN atas prestasi yang ia hasilkan dan ciptakan. Selain itu, harapannya kedepan semakin bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Anita.

Pada waktu bersamaan, Pemkot Magelang memberikan Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat (KP) kepada 86 pegawai berbagai golongan dari Gol II/D sampai Gol IV/d.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Magelang, Larsita, saat membacakan sambutan Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, mengingatkan para pejabat untuk menjadikan momentum tersebut sebagai motivasi menjadi Abdi Negara yang berdedikasi dan berintegritas, serta meningkatkan profesionalisme kerja dan semangat untuk meningkatkan kompetensi diri.

“Dengan diberikannya kenaikan pangkat dan EOY tahun 2023 ini saya berharap para pegawai dapat mengimbangi dengan meningkatkan kinerja dan perilaku kerja yang lebih produktif. Serta mampu bertugas sesuai jabatannya dan mendukung kinerja organisasi,” ungkapnya.

Larsita juga memberikan informasi terkait Peraturan BKN No 4 Tahun 2023, mengenai perubahan periodisasi kenaikan pangkat mulai tahun 2024. Periode Kenaikan Pangkat (KP) yang semula 2 kali dalam satu tahun, berubah menjadi 6 kali dalam satu tahun.

“Pesan saya, tingkatkan prestasi kerja, kedisiplinan, dan semangat pengabdian untuk pemerintah dan masyarakat Kota Magelang,” paparnya.

Lebih lanjut, Larsita juga mengimbau seluruh para pegawai Pemkot Magelang untuk menanamkan etos kerja yang baik dan selalu landasi pekerjaan sebagai ibadah. (dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d