PMI Kota Magelang Diminta Cepat dan Tanggap Layani Masyarakat

Kota Magelang__Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana, secara resmi melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Magelang masa bakti 2024-2029 di Pendopo Pengabdian Rumjab Wali Kota Magelang, Kamis (29/2/2024).

Prosesi pelantikan disaksikan Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur, pejabat Forkopimda beserta jajarannya dan tamu undangan.

Dewan Kehormatan PMI Kota Magelang masa bakti 2024-2029 diketuai oleh Hamzah Kholifi, yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang. Sedangkan Ketua PMI Kota Magelang yang dilantik adalah Suko Tri Cahyo.

“Sumpah pelantikan yang baru saja dilakukan mengikat kita kepada misi kemanusiaan yang juga sangat besar manfaatnya bagi kita. Selamat mengemban tanggung jawab dan amanah membantu pemerintah,” tutur Mansyur.

Dia meminta agar jajaran Dewan Kehormatan dan Pengurus baru segera bergerak cepat untuk merancang berbagai program kerja guna mengoptimalkan peran dan fungsi PMI di tengah masyarakat.

Meskipun kota kecil, lanjut Mansyur, Kota Magelang juga rawan bencana alam seperti angin ribut, hujan lebat, pohon tumbang serta bencana non alam. Karena itu itu bantuan relawan PMI sangat dibutuhkan.

“Saya harap ke depan pelayanan PMI Kota Magelang akan terus prima, eksis dan selalu tanggap membantu masyarakat yang membutuhkan,” tandas Mansyur.

Senada disampaikan Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana, bahwa PMI merupakan salah satu kepanjangan tangan pemerintah yang dibutuhkan kehadirannya oleh masyarakat. Maka, dia minta pengurus PMI memiliki satu tujuan yang sama untuk kemanusiaan.

“Saat dilantik memakai lambang PMI, yang dicari apa sih? penghasilan? nggak ada uangnya di PMI. Padahal yang dilantik rata-rata mantan eselon II, sudah cukup lah. Untuk kesibukan? mungkin itu bisa jadi. Kembali ke hati nurani masing-masing,” kata Sarwa.

“Tapi mudah-mudahan semuanya untuk satu (tujuan) yaitu untuk kemanusiaan,” lanjut Sarwa.

Ketua PMI Kota Magelang masa bakti 2024-2029, Suko Tri Cahyo, menyampaikn pelantikan ini adalah momentum untuk melanjutkan pengabdian dalam pengelolaan PMI Kota Magelang ke depan.

“Saya sadar sepenuhnya, tanggung jawab sebagai ketua tidaklah mudah, tapi dengan kerjasama segenap pengurus, Insya Allah lebih ringan menjalaninya,” ucapnya.

Suko optimistis, dengan kemampuannya, bisa menjalankan dan mewujudkan visi misi PMI agar keberadaan PMI dirasakan masyarakat melalui komunikasi serta keterbukaan baik di internal pengurus maupun pihak lainnya. (Dwi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d