Duta Genre, Idola Remaja Wujudkan Keluarga Berencana

Kota Magelang__Duta Generasi Berencana (Genre) adalah perwujudan remaja dan pemuda yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja, untuk menyiapkan perencanaan yang matang dalam kehidupan berkeluarga.

Genre juga merupakan perwujudan remaja yang memiliki pola perilaku yang sehat dan terhindar dari resiko Triad KRR (menghindari Pernikahan dini, napza, dan seks bebas). Oleh karena itu, Genre sangat penting untuk ada dan berkembang di Kota Magelang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Nasrodin menjelaskan hal tersebut pada acara Apresiasi Duta Genre Tingkat Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Magelang tahun 2024, di Pendopo Pengabdian, Sabtu (9/3/2024) malam.  

“Duta Genre menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya tentang perencanaan kehidupan berkeluarga guna mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera,” katanya.

Duta Genre memiliki peran penting dalam menjembatani komunikasi dan interaksi generasi muda dengan pemerintah, swasta, LSM, serta seluruh stakeholder di Kota Magelang.

Komitmen Generasi Berencana Kota Magelang dalam mewujudkan generasi-generasi muda yang berkualitas terus-menerus diupayakan, salah satunya melalui peran remaja sebagai pelopor yang diwadahi dalam Forum Genre, Duta Genre, dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

“Saya berharap Forum Genre, Duta Genre, dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) mampu berperan penting sebagai subjek dan agent of change pembangunan, melalui partisipasi aktifnya dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan mewujudkan Tegar Remaja,” imbuhnya.

Duta Genre Kota Magelang, Royan, menyampaikan pemilihan Duta Genre tingkat kelurahan dan kecamatan Kota Magelang dimulai pada tanggal 19 Februari 2024 sampai malam puncak sashing ceremony (penyematan selempang) pada 9 Maret 2024.

Rangkaian seleksi dan penilaian diambil melalui berbagai tes antara lain tes wawancara, tes tertulis, dan Focus Group Diskusi (FGD). Semua tahapan ini dirancang untuk mengidentifikasi dan menghargai bakat serta komitmen remaja dalam membawakan visi dam misi sebagai finalis Duta Genre di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Terdapat 20 finalis putri dan 6 finalis putra Duta Genre kelurahan se Kota Magelang. Kemudian, ditetapkan 3 pasang Duta Genre kecamatan yang akan menjadi perwakilan di 3 kecamatan terbagi menjadi 3 antara lain Kecamatan Magelang Tengah, Magelang Selatan dan Magelang Utara,” jelasnya. (dwie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d