Kejari Berama Kadinkes Kabupaten Magelang Serta Direktur RSUD Muntilan Tandatangani MoU Kerjasama Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha

Muntilang__Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dan RSUD MUntilan menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang dalam bidang hukum perdata dan tata usaha negara, yang ditandai dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Sunaryo, Direktur RSUD Muntilan dr. Dodi Indra Permadi MPH dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Zein Yusri Munggaran, di ruang Borobudur RSUD Muntilan, Senin (22/3/2024).

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Zein Yusri Munggaran mengatakan kegiatan ini merupakan perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang yang kermudian MoU antara RSUD Muntilan dengan Kejasaan Negeri Kbupaten Magelang.

“Maksud dan tujuanya, pertama mengoptimalkan pelaksanaan tugas fungsi masing-masing para pihak baik Kejari Kabupaten Magelang selaku JPN, kemudan juga pihak Dinkes Kabupaten Magelang dan RSUD Muntilan. Yang kedua kita meningkatkan efektifitas penyelesaian dan penanganan khususnya dalah perdata dan tat usaha negara,” jelasnya.

“Kemudian juga dengan Mou ini kita memberikan beberapa hal diantaranya bantuan hukum, pendampingan hukum terkait dengan pertimbangan hukum, kemudian pendapat hukum, serta tindakan hukum lainya,” terang Zain.

Kejari berharap kepada DInkes dan RSUD Muntilan bahwa Mou ini sebagai payung hukum, tetapi alangkah lebih baiknya diikuti dengan Surat kuasa Khusus (SKK). Karena itu akan lebih terlihat kerja nyat di lapangan.

“Jadi optimalkan keberadaan kami Kejasaan Negeri Kabupaten Magelang selaku pengacara negara. Marilah kita sama-sama membangun untukkemajuan Pembangunan pemkab Magelang. Adanya itu juga sebagai pencegahan tindak pidana korupsi, supaya teman-teman baik di Dinkes dan RSUD Muntilan tetap on the track sesuai ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Sinaryo mengungkapkan kegiantan ini merupakan yang ketiga kalinya. Acara penandatangan ini adalah sekaligus arahan atau breefing dari kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan pada tahun anggaran.

“Bagi kami ini adalah bentuk support dan dukungan sekaligus motivasi yang benar pada kami, dari pimpinan sampai jajaran pelaksana yang di bawah supaya betul-betul on the track dan tidak ada saling mendustai satu dan yang lain,” ujarnya.

Smentara itu Direktur RSUD Muntilan dr. Dodi Indra Permadi MPH mengatakan MoU ini merupakan yang kali pertamanya.  

“Ini memang belum pernah Mou payung, kalau dulu pernah ada cuman hanya momentum-momentum saja,” ujarnya.

Dian menilai bahwa MoU ini merupakan pencerahan bagi RSUD, bahwa fungsi Kejaksaan ternyata lebih luas.

“Bagi kami jajaran Rumah Sakit yang terbuka bahwa ternyata fungsi Kejaksaan  lebih luas dari yang selama ini kami kira. Kejaksaan bisa pengacara negara, bisa memberikan bantuan hukum dan sebagainya. Dan memiliki manfaat yang banyak buat Masyarakat khususnya lembaga-lembaga pemerintahan,” pungkas Dodi.(dwie).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d