Kendalikan Inflasi Pangan Jelang Idul Fitri, Pemkab Magelang Dorong Gerakan Pangan Murah

Mungkid__Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Distan Pangan) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan ‘Gerakan Pangan Murah’ bersama Gapokan dan produsen pangan di halaman Kantor Kecamatan Ngablak, Senin (25/3/2024).

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto mengatakan, gerakan pangan murah ini sudah dilakukan ke empat kalinya dan akan terus dilaksanakan baik di setiap kecamatan, maupun oleh dinas terkait lainnya seperti Disdakop UKM hingga menjelang hari H lebaran.

“Siapa saja boleh membeli bahan pokok penting di gerakan pangan murah ini,” kata Sepyo Achanto di sela meninjau kegiatan gerakan pangan murah.

Lebih lanjut, Sepyo mengungkapkan bahwa harga bahan pokok penting yang tersedia pada kegiatan ini jauh di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) pada umumnya, yang bertujuan untuk mengendalikan harga pasar agar tidak melonjak tinggi sehingga memberatkan masyarakat.

“Gerakan pangan murah ini akan kita genjot terus di bulan Ramadhan dan akan kita tambah schedulenya,” ungkap Sepyo.

Adapun bahan pokok penting yang ditawarkan pada gerakan pangan murah ini antara lain, daging ayam ras Rp 33.000/Kg, telur ayam ras Rp 26.000/Kg, cabai rawit Rp 21.000/Kg, cabai keriting Rp 19.000/Kg, bawang merah Rp 30.000/Kg, bawang putih Rp 35.000/Kg, minyak Fortune Rp 17.000/liter, gula pasir Rp 17.000/Kg, beras Bulog SPHP Rp 54.500/5Kg.

Sementara Kepala Distan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ernawan menjelaskan Gerakan Pangan Murah yang dilakukan di Kecamatan Ngablak ini sebagai upaya dalam mengendalikan inflasi, dimana sekarang ini bahan pokok penting khususnya beras relatif mahal karena faktor cuaca ekstrim.

“Selain itu dalam menyambut bulan Ramadhan dan idul Fitri biasanya harga pokok akan naik sehingga gerakan pangan murah ini akan sangat membantu masyarakat,” jelas Romza.

Romza mengatakan bahwa, kegiatan gerakan pangan murah ini dilaksanakan selama sehari, dan sudah dilakukan beberapa kali selama triwulan I tahun 2024.

“Kami akan terus konsisten keliling untuk melaksanakan kegiatan pasar murah seperti ini utama untuk mengatasi inflasi,” tutup Romza.

Caption : Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto didampingi Kepala Distan Pangan dan Kepala Disdakop UKM saat meninjau kegiatan Gerakan Pangan Murah di halaman Kantor Kecamatan Ngablak.(dwie).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d